CHARACTER EDUCATION THROUGH CIVIC EDUCATION LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS: A THEORETICAL AND EMPIRICAL LITERATURE ANALYSIS
Keywords:
Character Education, Civic Education (PPKn), Pancasila Student Profile, Elementary School, Literature ReviewAbstract
Character education is a fundamental pillar in shaping a generation that is virtuous, responsible, and patriotic. Civic Education (PPKn) learning in elementary schools plays a strategic role in internalizing character values in students from an early age. This study aims to theoretically and empirically analyze how Civic Education contributes to character formation among elementary-level students. Using a literature review method, the author examines various relevant scholarly works, including both theoretical perspectives and previous empirical findings. The results indicate that contextual approaches, value-based learning, and integration with the Pancasila Student Profile are effective strategies in fostering student character. Implementation challenges remain, particularly in terms of teacher competence and the readiness of educational resources. This review recommends strengthening the role of teachers and adopting a more flexible and contextual curriculum to ensure that Civic Education genuinely contributes to the holistic development of students’ character.
References
Amalia, D., and T. Prasetyo. 2023. “Penguatan Identitas Nasional Melalui Pendidikan Karakter Di SD.” Jurnal Pendidikan Nasional 8(3):150–65.
Arifin, Zaenal, and Muhammad Mukhlis. 2021. “Peran Pembelajaran PPKn Dalam Pengembangan Karakter Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Moral Dan Karakter 5(2):102–15.
Biantoro, Oktio Frenki, and Muhammad Istiqlal. 2025. “Strategi Guru Dalam Membiasakan Kebersihan Lingkungan Sebagai Pendidikan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Primary Of Education 15–30.
Dewi, Dinie Anggraeni, Noviani Arum Sari Nur Hidayat, Ratih Novi Septian, Silviana Lilis Apriliani, and Yayang Furi Purnamasari. 2021. “Peran Pembelajaran Pkn SD Dalam Membentuk Karakter Moral Siswa Untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa.” Jurnal Basicedu 5(6):5258–65. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1621.
Dewi, S., and B. Prabowo. 2023. “Pembelajaran PPKn Yang Holistik Untuk Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter 6(1):67.
Fitriani, R., and W. Sukma. 2022. “Pendidikan Karakter Dan Kesiapan Menghadapi Globalisasi Di SD.” Jurnal Pendidikan Multikultural 6(2):44.
Haris, M. .., M. Mustaru, M. Hadi, and S. Sawaludin. 2025. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Game-Based Learning.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia 5(1):717.
Haryati, A. Mila Septian, Ibnu Khaldun Sudirman, and Ady Irawan. 2023. “Pelaksanaan Pendidikan Karakater Pada Mata Pelajaran PPKn Di SD Melalui Model Pembelajaran Berbasis Nilai.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(2):1184–90. doi: 10.58258/jime.v9i2.5052.
Hidayat, R., and L. Rahmawati. 2024. “Pendidikan Karakter Berkelanjutan Dalam Pembelajaran PPKn.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 12(1):100.
Kahfi, Ashabul. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2):138-151.
Lestari, M., D. Sari, and A. Nugroho. 2024. “Metode Aktif Dan Reflektif Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Menumbuhkan Karakter.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(1):45.
Lestari, Puji, and Miftahul Mahrus. 2025. “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Nusantara Education 2(April):64–72.
Magdalena, Ina, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2(3):418–30.
Mardin, La Ode, and Khamim Zarkasih Putro. 2025. “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran PKN Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Al Riwayah 17(April):35–47.
Pratiwi, Vinni Dini, Guwi Nirna Igari, Rizky dinda Sarmuta Harahap, and Vinna Dinda. 2024. “Strategi Pembelajaran PPkn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Untuk Menjaga Keutuhan Negara Indonesia.” Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan 10(2):454–58.
Primayana, Kadek Hengki. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):50–54. doi: 10.37329/cetta.v5i1.1542.
Putu, Ni, Aris Purnama, I. Wayan Landrawan, and I. Wayan Kertih. 2025. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Disiplin Pada Pembelajaran PPKn : Studi Evaluasi Kurikulum Merdeka Implementation of Character Education in Shaping Discipline Attitudes in PPKn Learning : An Curriculum Merdeka Evaluation Study.” Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):535–44.
Rahmawati, Siti, Tri Joko Raharjo, and Harianingsih. 2025. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa SD Kelas IV Di Sekolah Indonesia Makkah.” Jurnal Pendidikan Dasar 10(01):221.
Ramadhani, T., and F. Utami. 2023. “Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Pengembangan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Anak 10(3):89.
Rizkiyah, Maulidah, and Siti Fatonah. 2024. “Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(2):377.
Sari, N., and A. Yulianto. 2023. “Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pendidikan Karakter Di PPKn.” Jurnal Pendidikan Pancasila 7(2):80–92.
Sugara, Harry, and Fitri Mutmainnah. 2021. “Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran PPKn Menghadapi Digitalisasi 4.0.” Koulutus 4(September):194–210.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Edisi Kesa. edited by Sutopo. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wislita, Welda, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2023. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7(4):579–87. doi: 10.23887/jear.v7i4.69683.
Wulandari, Putri M, and S. Hadi. 2022. “Integrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di SD.” Jurnal PPKn 11(1):25–39.